Empat Boneka Raksasa Prancis Ramaikan Surabaya Cross Culture PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 12 Juli 2017 22:10

Surabayakita.com - Parade Surabaya Cross  Culture International Folk Arts Festival 2017 yang akan digelar Minggu (16/7/2017) pagi, akan dimeriahkan kelompok teater asal Prancis. Mereka akan menmpilkan boneka boneka raksasa di kawasan Monumen Bambu Runcing.

Kegiatan ini memang akan diikuti sedikitnya tujuh negara yang sudah mengonfirmasi kedatangannya kepada Pemkot Surabaya. Dari tujuh negara itu, Prancis menjadi salah satunya yang akan memeriahkan acara ini.

Menurut Pramenda Krishna dari Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya, rencananya selain menampilkan 'orang orang raksasa', pihaknya juga menggelar acara lain berupa workshop anak anak dan keluarga di Country Heritage Resort Hotel, jalan Nginden Intan Utara No. 7 Surabaya.

Teater asal negeri Prancis yang akan tampil tersebut adalah Les Grandes Personnes (baca: lé grong person).Kelompok teater Prancis ini pertamakalinya tampil dan menyapa warga Surabaya. Para seniman teater ini akan menjadi dalang 4 boneka raksasa berukuran sekitar 3,5 meter bertema olah raga.

"IFI Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, akan menyajikan atraksi oleh teater Les Grandes Personnes pada akhir parade Surabaya Cross Culture International Arts Festival 2017, bersama dengan para peserta dari tujuh negara dan dari beberapa daerah Indonesia lainnya, di depan Monumen Bambu Runcing, jalan Panglima Sudirman," kata Pramenda.

Sosok yang ditampilkan dalam wujud boneka itu menyerupai figr pemain bola, pemain anggar dan 2 tokoh lainnya. Mereka akan berinteraksi dengan warga Surabaya pada kesempatan ini.

"Selain itu, kami bekerjasama dengan Country Heritage Resort Hotel, akan menyajikan pertunjukan boneka teater raksasa tersebut pada workshop teater untuk anak-anak dan keluarga di hari yang sama sore harinya," ujarnya.

Kelompok Les Grandes Personnes telah sukses menggelar pertunjukan kolaborasi dengan kelompok teater boneka Yasa Putra Sedana dan tarian topeng Bali pada 6 Juli lalu, dalam gelaran Pesta Kesenian Bali ke-39. Kemudian pada tanggal 9, 11 & 13 Juli 2017 di Jakarta, pada Hari Bebas Kendaraan di jalan M.H. Thamrin, sekolah Kandang Jurang Dik Doank, dan di kawasan Wisata Kota Tua Jakarta.

Pada tahun 2016 lalu, Les Grandes Personnes turut membuka dan meramaikan Pesta Kesenian Bali yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (SK3)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com