Menara Masjid DPRD Dibuat Kembar, Pemkot Memulai Pembangunannya PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 14 November 2017 21:02

Surabayakita.com - Pemkot Surabaya akan meneruskan pembangunan masjid As-Syakinah DPRD Surabaya yang dirobohkan beberapa waktu lalu. Kepastian pembangunan masjid dengan dua menara ini disampaikan melalui hearing di Komisi C DPRD Surabaya, Selasa (14/11/2017).

Hearing ini digelar dengan mengundang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim CKTR) Pemkot Surabaya dan kontraktor yang memenangkan tender proyek tersebut.

Dalam hearing itu, Kepala Dinas Perkim CKTR Pemkot Surabaya Eric Tjahyadi mengatakan, pembangunan masjid akan dilanjutkan. Ini sekaligus menunjukkan keseriusan Pemkot Surabaya yang beberapa hari ini dikritisi masyarakat terkait pemugaran masjid DPRD itu.

Eric menambahkan ada perubahan design dari masjid yang dibangun itu nantinya, yaitu menambah lagi sebuah menara di depan masjid sesuai permintaan anggota dewan. Penambahan menara itu membuat masjid tersebut akan mempunyai 2 menara agar lebih indah.

Hearing yang juga dihadiri oleh pimpinan DPRD Surabaya ini sepakat pembangunan masjid diteruskan berada satu kompleks dengan gedung DPRD Surabaya. Sebelumnya masjid lama berada di lokasi terpisah dengan gedung DPRD Surabaya.

Ketua Komisi C, Saifudin Zuhri mengingatkan agar ada pembatas ruangan yang dipakai jamaah wanita dan laki laki. "Jangan pakai pembatas ala kadarnya apalagi kalau tingginya hanya seperuh badan. Batas itu harus permanen," katanya.

Masjid Dewan itu akan menepati seluruh lantai 1 gedung baru dewan nantinya, dengan luas 17 meter x 29 meter berikut serambinya. Dengan luasan itu mampu menampung sekitar 300 jamaah.

Untuk menandai dimulainya pembangunan, Eric mengatakan pihaknya akan mencopot sejumlah spanduk yang menempel diarea bongkaran masjid, kemudian menggantinya dengan tanda pemberitahuan kalau ada pembangunan masjid. Selain itu denah masjid juga akan dipasang di aera tersebut. (SK1)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com