Para Relawan Tolak Risma Jadi Wagub Jatim PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 05 Januari 2018 21:47

Surabayakita.com - Setelah mendengar ada rencana walikota Surabaya Tri Rismaharini akan dicalonkan menjadi wakil gubernur Jatim mendampingi Gus Ipul, belasan orang mengaku melakukan aksi demo menolak rencana itu. Aksi digelar di halaman Taman Surya, Jumat (5/1/2018) siang.

Mereka menamakan diri Forum Relawan Saya Surabaya. Peserta aksi demo membawa dua spanduk besar dengan tulisan "Risma Tetap Walikota Surabaya" dan "Tolak Risma Cawagub Jawa Timur".

Aksi berjalan tertib dan tidak ada pengawalan ketat dari petugas. Bahkan mereka datang dengan santai dan bisa memasuki halaman Taman Surya dengan leluasa.

Menurut Humas Forum Relawan Saya Surabaya Imam Budi Utomo, aksi ini digelar untuk memberi dukungan agar Tri Rismaharini tetap melanjutkan tugasnya sebagai walikota. Selain itu menolak jika walikota dicalonkan sebagai wagub Jatim.

"Kami  memberi dukungan kepada Bu Risma untuk menuntaskan tugas sebagai walikota Surabaya, sampai akhir masa jabatannya," kata Imam.

Imam mengaku menjadi salah satu relawan yang ikut turun ke masyarakat membantu Risma melakukan sosialisasi programnya untuk periode yang kedua. Untuk itu para relawan yang tergabung dalam aksi demo ini mengaku ikut bertanggung jawab agar walikota menuntaskan tugasnya.

Apa saja tugas yang belum selesai? Menurut Imam, tugas itu untuk mewujudkan pendidikan gratis di Surabaya untuk SD, SMP, SMA, dan SMK. Saat ini yang gratis baru SD dan SMP, yang SMA tetap bayar setelah kewenangan diambil alih Pemprov Jatim.

Tidak hanya itu, Imam juga mengatakan bangunan cagar budaya masih ada yang lepas atau hilang. Mestinya itu tidak boleh terjadi dan harus dituntaskan.

Hanya saja Forum Relawan Saya Surabaya saat ini memantau Risma memang masih tetap pada pendiriannya untuk menolak maju di Pilgub Jatim. Para relawan mengaku akan tetap melakukan aksi penolakan jika ada pemaksaan dari partai atau pihak tertentu.

"Walaupun ada rekom dari PDIP agar Risma maju di Pilgub Jatim, para relawan akan melakukan penolakan," katanya.

Ketua Forum Relawan Saya Surabaya Arif An juga mengamini pernyataan Imam.Menurutnya jumlah peserta aksi saat ini masih sedikit namun para relawan akan datang lebih banyak jika ada paksaan Risma maju di Pilgub Jatim.

"Warga Surabaya ingin Bu Risma tetap memimpin Surabaya. Kami akan menolak jika Bu Risma dipaksa maju menjadi wagub Jatim," ujar Ketua Karang Taruna Surabaya ini.

Dua poster yang dibawa para peserta aksi ini lantas diserahkan kepada walikota Surabaya secara langsung. (SK1)

 

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com