Jabatan Panglima Kolinlamil Kini Diemban Laksma TNI Achmad Rivai PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 15 Maret 2018 20:08

Surabayakita.com - Jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dari Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. digantikan Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. Pergantian dilakukan di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Kamis (15/3/2018).

Acara dilaksanakan secara bersama-sama dengan sertijab Panglima Koarmabar, karena Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. setelah menyerahkan jabatannya kepada Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. selanjutnya mengemban jabatan Panglima Koarmabar.

“Sertijab ini merupakan regenerasi pimpinan di lingkungan TNI AL. Kita berikan terimakasih yang setingginya bagi Laksda TNI Yudo Margono atas dedikasinya selama ini. Kepada Laksma Achmad Rivai, saya ucapkan selamat. Saya percaya dengan pengalaman yang dimiliki, Laksma TNI Achmad Rivai dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” jelas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi.

Ade Supandi menjelaskan Kolinlamil mengemban tugas penting. Yakni membina kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, serta melaksanakan angkutan laut administratif, taktis maupun strategis TNI/Polri danmelaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka pembangunan nasional.

“Tugas tersebut tidaklah ringan, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis yang diwarnai dengan permasalahan terkait perbatasan antar negara, pengamanan pelayaran, pencemaran lingkungan, dan pelanggaran hukum di laut serta penanggulangan bencana alam” tutur Kasal.

Selain itu, pemberontakan bersenjata, separatisme dan terorisme masih menjadi ancaman serius bagi integritas NKRI. Oleh karena itu, Kolinlamil menjadi salah satu tumpuan TNI Angkatan Laut dalam menjawab tantangan tugas tersebut, sehingga kesiapsiagaan operasional kotama ini harus optimal.

TNI Angkatan Laut tengah melaksanakan pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan yang diarahkan untuk mewujudkan kekuatan pokok minimum guna mendukung pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sebelum dilantik sebagai Pangkolinlamil, Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. yang lulusan Akademi Angkatan Laut ke XXXIII/1988 ini menjabat sebagai Staf khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut untuk mengomandani Satuan Tugas Proyek Pengadaan  Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) I dan II dan Komandan Lantamal II Padang pada tahun 2016.(SK2)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com