ITS Buka Bursa Karir, Dirut PDAM Semangati Mahasiswa PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 20 Maret 2018 19:48

Surabayakita.com - Untuk kali ke-35, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengelar Bursa Karir ITS (BKI) selama dua hari ini, mulai Selasa (20/3/2018). Sedikitnya ada 1.000 peluang kerja yang ditawarkan dalam BKI.


Perhelatan yang juga didukung oleh PDAM Surya Sembada Surabaya ini diikuti oleh 40 perusahaan nasional dan multinasional. Acara yang dihelat oleh Subdirektorat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa ini dibuka secara resmi oleh Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD yang juga didampingi Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman Sukirno.

Dalam sambutannya, Joni mengatakan, dalam sebuah pekerjaan terdapat dua unsur elemen yakni saling memilih dan membutuhkan. “Kedua unsur ini menjadikan para pekerja dan perusahaan membentuk simbiosis mutualisme,” ujarnya mengingatkan.

Sementara itu, Mujiaman mengungkapkan saat ini perusahaan yang paling berperan adalah perusahaan yang melayani masyarakat. “Dalam era yang semakin canggih ini, digitalisasi dan optimasi diperlukan untuk mempercepat pelayanan. Pelayanan dipercepat karena kebutuhan pelanggan harus segera dilayani,” ujar alumni Teknik Kimia ITS ini.

PDAM Surabaya menurut Mujiaman, masih akan membutuhkan SDM yang inovatif dalam memberikan pelayanan. "Para mahasiswa setelah lulus nanti, yang memiliki kualifikasi  berpeluang bekerja di PDAM. Baik sebagai karyawan maupun mitra entrepreneur PDAM. Kami membutuhkannya terutama yang memiliki jiwa melayani dan inovatif," ujarnya.

 

Di bursa karir ini PDAM memang tidak membuka lowongan kerja. Namun pada saatnya ketika diperlukan SDM baru perekrutannya akan diumumkan secara terbuka. Biasanya PDAM juga telah mengumumkan perekrutan pegawai baru secara online sehingga diketahui banyak orang.

Di area bursa kerja ini, nampak beberapa petugas PDAM yang siap melayani pertanyaan mahasiswa ITS terkait perusahaan milik Pemkot Surabaya ini. Termasuk mengenai pelayanan kebutuhan air bersih bagi warga Surabaya.

Sedangkan Ketua panitia BKI ke-35, Arief Abdurrakhman ST MT mengatakan, BKI kali ini berbeda dengan sebelumnya. “Banyak perbedaan pada tahun ini, salah satunya terdapat pada pendaftaran member secara on the spot karena sebelumnya hanya bisa melalui online,” jelas pria yang kerap disapa Arief ini.

Selain itu, lanjut Arief, pada BKI kali ini juga diberikan fasilitas pelatihan Job Skill Training untuk para job seeker. “Training ini berisi tentang cara penulisan CV (Curricullum Vitae, red) dan interview yang benar,” terang dosen Departemen Teknik Instrumentasi ini.

Dalam acara kali ini, Arief menargetkan sekitar 10.000 job seeker akan datang selama gelaran BKI ini. “Dengan banyaknya peminat, tingkat kompetisi yang terjadi rata rata akan tinggi. Dari 10.000 job seeker, yang diambil nantinya hanya 1.000 tenaga kerja saja,” beber Arief.(SK2)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com