Dianggap Membahayakan Mangrove, Komunitas Nol Sampah Gelar Aksi Memulung Tas Kresek PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 02 Juli 2018 16:13

Surabayakita.com - Komunitas Nol Sampah akan melakukan aksi kebersihan dengan mengambil (memulung) sampah plastik tas kresek. Aksi ini digelar sebagai bentuk keprihatinan banyaknya tas kresek berserakan di pinggiran sungai Wonorejo menuju pantai Surabaya Timur.

Rencananya aksi digelar tanggal 3 Juli 2018 bersamaan dengan peringatan hari tanpa tas kresek sedunia. Aksi akan diikuti puluhan anggota Komunitas Nol Sampah di Surabaya.

"Kami harus membersihkan akar mangrove dan anak mangrove dari kresek itu setiap minggunya selama dua tahun," ungkap Ketua Komunitas No Sampah, Wawan Some.

Menurut  Wawan Some, banyaknya sampah plastik tas kresek yang dibuang sembarangan di aliran sungai berdampak sangat buruk bagi lingkungan. Sebab selain butuh waktu lama untuk mengurai sampah plastik, keberadaannya cukup menganggu pertumbuhan hutan mangrove.

"Sampah sampah tas kresek ini menutupi anak atau tunas mangrove yang baru tumbuh. Kalau dibiarkan terus tertutupi maka dampaknya mangrove muda ini akan mati karena tak bisa bebas tumbuh normal," ujar pria asal NTT tersebut kepada Surabayakita.com, Senin (2/7/2018).

Wawan Some menjelaskan selama ini dirinya dibantu anggota komunitas, seminggu sekali melakukan pembersihan sampah tas kresek itu. Setiap aksi memulung dilakukan, didapat banyak tas kresek bekas yang 'nyantol, di ujung tunas mangrove.

Itu akan membahayakan dan mengancam pertumbuhan mangrove. Jika sampai dua tahun terus tertutupi sampah tas kresek maka dipastikan mangrove itu akan mati. Selain tak dapat penyinaran matahari juga pernafasannya akan terhalang.

"Data yang ada, setiap orang rata rata membuang 700 tas kresek plastik setiap tahunnya. Kalau di Surabaya ada tiga juta penduduk, ditaksir ada 2,1 miliar sampah kresek dibuang. Karena kurang dari 10 % sampah tersebut yang bisa didaur ulang," ujar Wawan Some.(SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com