Satpol PP Surabaya Kerahkan Anggota Memburu Ikan Arapaima PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 04 Juli 2018 21:11

Surabayakita.com - Tertangkapnya ikan berukuran raksasa bernama arapaima di beberapa lokasi kawasan Mojokerto dan Wringin Anom, membuat Pemkot Surabaya waspada. Karenanya Satpol PP menyiagakan anggotanya untuk memburu ikan yang biasa hidup di sungai Amazon itu.


Tak hanya Satpol PP, tetapi ada petugas PMK dan Linmas. Mereka melakukan penyisiran di sepanjang aliran Kalimas, Rabu (4/7/2018) siang. Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Irvan Widyanto, nampak ikut menaiki perahu karet bersama petugas lainnya.

Ada tiga perahu karet yang hilir mudik di Kalimas. Aparat dari Pemkot Surabaya ini siaga karena ikan araipama dikenal sebagai salah satu ikan jenis predator. Artinya ikan ini bisa makan jenis ikan lainnya penghuni sungai.

Sehingga jika dibiarkan hidup di sungai, keberadaannya akan bisa merusak habitat ikan lainnya di Kalimas. Bila menemukan ikan yang panjangnya bisa sampai tiga meter itu, petugas akan mengevakuasi dan diserahan ke instansi yang berwenang.

“Tim terus bergerak terutama di kawasan sungai di Rolak yang juga ditemukan ikan arapaima oleh warga setempat,” ujar Irvan Widyanto di sela kegiatannya menyusuri sungai.

Irvan yang juga menjadi plt Kepala PMK ini menegaskan, dalam patroli itu, timnya juga memberikan sosialisasi kepada warga sekitar tentang bahaya ikan ini. Sosialisasi itu diharapkan bisa membantu tim menemukan ikan yang panjangnya bisa mencapai dua meter lebih tersebut. Irvan juga berpesan kepada warga masyarakat terutama yang berada di dekat sungai Kalimas.

"Bila menemukan ikan ini jangan bertindak sendiri. Serahkan kepada kami dengan melaporkan ke 112. Kami yang akan bertindak dengan peralatan yang kami punya supaya tak membahayakan keselamatan warga," ujarnya

Memburu ikan ganas ini cukup penting untuk menyelamatkan habitat sungai. Jangan sampai ikan seberat 200 kilogram ini berkembang biak. Bila berkembang biak bisa berbahaya.(SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com