PDAM Temukan Saluran Pipa Ilegal PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 05 Mei 2010 06:29

PDAM Surabaya kembali menemukan saluran ilegal di rumah kos Jl. Asemrowokali 39 Surabaya. Di rumah milik Sudibyo pensiunan PNS yang merupakan komplek perumahan Ditjen Pajak KantoWilayah IX tersebut salurannya langsung diputus.
Petugas penertiban PDAM cukup jeli dengan adanya saluran ilegal tersebut. Sebab rumah itu sebenarnya sudah tak dialiri lagi oleh pipa PDAM. Karena diketahui menunggak jutaan rupiah dan belum terbayar hingga sekarang.

"Terpaksa kami putus sejak Pebruari tahun lalu karena tunggakannya cukup besar," ujar Anis Busroni, ketua Tim Penertiban PDAM. Namun meski diputus sambungan pipanya, ternyata di rumah tersebut masih mengalir air PDAM.

Berarti ada sambungan ilegal di rumah tersebut.Atas dasar kecurigaan ini, Tim lantas bergegas ke alamat tersebut dan langsung melakukan pemantauan. Dan benar ternyata di belakang rumah tersebut ada bak penampungan air yang tersambung dengan pipa utama PDAM.

Rumah tersebut kini ditempati anak Sudibyo, karena yang bersangkutan sudah meninggal. Dari pengecekan petugas, pemakaian air PDAM di rumah tersebut volumenya cukup besar.

"Kami menghitung selama ini pemakaian air di rumah itu tagihannya cukup besar," ujar Anis. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 12 juta sampai Rp 13 juta.

PDAM akan memanggil penghuni rumah ini untuk menyelesaikan tunggakan tersebut. Jika tidak mau, kasus ini akan dilimpahkan ke kepolisian. (son)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com