Surat Suara Pemilukada Mulai Dilipat PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Kamis, 06 Mei 2010 10:28

Pelipatan surat suara untuk Pemilukada Surabaya 2010, sejak Rabu (5/5/2010), sudah dimulai. Sebanyak 38 pekerja atau pelipat surat suara dikerahkan mulai jam 09.00 oleh CV Siaga selaku pelaksananya.

Tenaga pelipat yang terdiri dari 31 wanita dan enam pria ini, nampak sangat terlatih. Ini dikarenakan, sehari-hari tenaga tersebut merupakan pekerja yang biasa menangani pelipatan di perusahaan percetakannya. Diperkirakan, untuk melipat surat suara sebanyak 2.144.105 lembar ditambah 2,5 persennya sehingga totalnya sebanyak 2.197.708 lembar itu memakan waktu empat sampai lima hari.

 

Pengawasan ketat untuk proses pelipatan kertas suara tetap ditangani pihak kepolisian. Nampak, beberapa petugas berjaga-jaga di ruang pelipatan, di lantai III kantor KPU Kota Surabaya Jl Adityawarman.

Menurut pihak CV Siaga, Yanto, petugas pelipatan surat suara ini memang sudah terlatih. ”Mereka sudah terbiasa melakukan pelipatan, seperti surat suara dan sebagainya. Bahkan beberapa waktu lalu, selama seminggu, para pekerja kami melakukan pelipatan surat suara di NTT. Tak hanya itu, saat UNAS lalu, mereka juga diminta untuk melakukan pelipatannya. Lihat saja kerja mereka, sangat cepat dan terlatih,” ungkap Yanto.

Setiap surat suara yang sudah dilipat, disusun menjadi satu bendel. Tiap bendelnya berisi 50 surat suara. Ditambahkan Yanto, pelipatan surat suara yang dilakukan para pekerjanya, tak dibatasi jam. Artinya, para pekerja itu siap bekerja sampai malam untuk mengejar target pelipatannya.

Kepala Sub Bagian Umum KPU Kota Surabaya Sunarno Aristono mengatakan, pihak keamanan tetap disiagakan dalam hal pengawasan pelipatan surat suara. ”Kita harapkan, pelipatannya cepat. Setelah semua dilipat, tetap akan disimpan di KPU sampai masa distribusi atau mendekati pelaksanaan Pemilukada Surabaya,” jelas Sunarno Aristono. (windhi)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com