KPU Bantah Sulitnya Akses Data Pemilih PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Sabtu, 08 Mei 2010 06:00

KPU  sudah menyerahkan data pemilih kepada Panwaslu dan tim pemenangan semua pasangan calon. Namun, KPU belum menerima lagi laporan tim pemenangan dan panwas tentang analisa mereka terhadap daftar pemilih tetap itu.
Hal ini dikatakan Komisioner KPU Kota Surabaya Edward Dewaruci untuk mengcounter kesulitan tim sukses dan panwas dalam mengakses data pemilih.

KPU sudah menyerah daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT) ke Panwas dan tim pemenangan. DPS diserahkan pada 7 April 2010.

“Waktu itu ada rapat dengan tim pasangan calon soal foto pasangan calon. Jadi, kami sulit berkomentar kalau ada yang mengatakan DPT susah diakses oleh tim pemenangan dan panwas,” ujarnya.

Apalagi, DPT diserahkan pada 28 April 2010 ke seluruh tim pemenangan dan panwas dalam bentuk soft copy. “Isinya sama dengan yang kami pegang.

Panwas diterima oleh Andreas Pardede (salah satu anggota panwas). Untuk tim pemenangan juga sudah diberikan dan ada tanda terimannya,” ujarnya.

Panwas juga sudah diizinkan memeriksa DPT di PPK dan PPS. Seluruh PPK dan PPS sudah bersedia menunjukkan DPT. “Dari keterangan PPK dan PPS ada fakta mereka sudah ditemui panwascam. Seluruh Panwascam sudah dipersilahkan melihat dan menyalin DPT di setiap PPK dan PPS,” ujarnya.

Masalahnya, salinan DPT di setiap kelurahan dan kecamatan hanya ada satu. Panwascam harus menfoto kopi sendiri jika ingin mendapat salinan itu. “Kami kurang tahu apa alasan panwascam tidak membuat foto kopi sendiri,” ujarnya.

Terkait penyataan pasangan calon tentang temuan pemilih yang diduga tidak berhak, KPU belum bisa berkomentar. KPU sampai sekarang belum menerima laporan resmi dari tim pemenangan.

KPU juga akan memberikan salinan DPT ke para saksi seluruh pasangan calon pada hari pemungutan suara di setiap TPS. Hak saksi untuk mendapat itu dijamin undang-undang.(red)


 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com