Guru Kesenian Berprestasi Dapat Reward PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 26 Mei 2010 06:26

Guru kesenian berprestasi akan mendapat reward. Penghargaan ini akan diberikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Taman Budaya Jawa Timur (TBJT).
Selain guru kesenian berprestasi, TBJT juga menyeleksi siswa berprestasi kesenian untuk diberi penghargaan serupa.

"Guru dan siswa yang berprestasi di bidang kesenian selama ini belum pernah mendapat penghargaan dari pemerintah, padahal peran mereka sangat besar dalam melestarikan kesenian Jatim," kata Kepala Taman Budaya Jatim Drs Karsono,Selasa (25/5).

TBJT bekerjasama dengan Dewan Kesenian Jatim, untuk menyeleksi guru dan murid yang layak mendapatkan penghargaan. Menurut rencana, penghargaan ini akan diserahkan pada peringatan Hari Jadi Provinsi Jatim yang digelar 12 Oktober 2010.

Tujuan yang ingin dicapai, menumbuhkembangkan semangat cinta kesenian di kalangan guru dan siswa, sebagai sebuah sarana untuk pendidikan karakter, memberikan motivasi kepada guru kesenian dan siswa untuk mengembangkan potensinya masing-masing dalam bidang kesenian, menciptakan keseimbangan antara olah rasa, olah pikir, dan olah raga, menemukan talenta dan potensi lokal di kalangan guru kesenian dan siswa, mendorong terciptanya ketahanan budaya bangsa dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

"Kami sudah menyurati bupati dan walikota se-Jatim untuk mengirimkan tiga siswa SD, SMP, dan SMA atau sederajat serta dua guru, kemudian guru dan siswa berprestasi yang terpilih itu harus mengisi quesioner dan foto kegiatan yang telah kami sediakan," tuturnya.

Kuesioner dan foto kegiatan yang telah diisi, kemudian dikirim ke UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian "Taman Budaya" Jawa Timur Jalan Gentengkali 85 Surabaya atau email ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it hingga batas waktu 18 Juni 2010.

Panitia nantinya akan menyaring 76 guru (dua guru per daerah) dan 124 siswa (tiga siswa per daerah) tersebut menjadi 20 guru, 20 siswa SD, 20 siswa SMP, dan 20 siswa SMA, lalu hasilnya akan diseleksi kembali di Kota Batu pada 27-29 Juni 2010.

Dalam seleksi, para juri akan mewancarai 20 guru dan meminta 60 siswa untuk menampilkan peragaan kesenian, kemudian hasilnya akan diumumkan pada 29 Juni yakni lima guru, dua siswa SD, dua siswa SMP, dan dua siswa SMA.

Guru kesenian yang berprestasi dan siswa dengan kesenian berprestasi itu akan mendapatkan penghargaan berupa piagam penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk semua nominator, Piagam Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, kepada peserta terpilih. Peserta terpilih mendapatkan hadiah uang Rp 5 juta dari Gubernur Jatim (red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com