Ikut Tes Ganda, 23 CPNS Pemkot Sby Mundur PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Rabu, 15 Januari 2014 20:08

Surabayakita.com - Di saat orang lain berusaha keras menjadi PNS, sebaliknya 23 orang yang lulus tes CPNS ini malah mengundurkan diri.
Tentu saja hal ini mengagetkan banyak orang, terlebih para peserta tes yang tempo hari dinyatakan tidak lulus. Sebab bisa lulus menjadi CPNS tentu menjadi dambaan bagi sebagian besar orang.

Ke 23 orang CPNS Pemkot Surabaya yang mengundurkan diri ini dari nekat melakukannya karena memang sudah melalui pertimbangan matang. Sebab  mereka ternyata diterima sebagai CPNS di daerah lain. Hal ini bisa terjadi karena mereka memang mendaftar dan mengikuti tes di dua tempat berbeda dan kebetulan keduanya sama sama diterima.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Surabaya Mia Santi Dewi, ke 23 orang CPNS  ini ada yang diterima di Tuban, Bojonegoro atau Madiun. "Memang mereka diterima di dua tempat berbeda, tapi ada sanksi denda yang harus dibayar jika mereka mundur dari CPNS," katanya.

Sesuai aturan yang diterbitkan Kemenpan, untuk mundur dari CPNS tak bisa begitu saja dilakukan. Setiap orang diwajibkan membayar denda Rp 25 juta ke kas daerah. Jadi kalau ada 23 orang CPNS yang mundur maka ada setorang sebanyak Rp 575 juta ke kas daerah.

Saat ini sudah ada 28 orang yang membayar denda itu. Sisanya yang 5 orang belum ada kabarnya. Mereka yang mundur ini menurut Mia tak bisa menghindar dari sanksi sebab data CPNS itu tercantum di Kemenpan."Memang 18 sudah bayar, yang 5 orang belum," katanya.

Sesuai data yang ada, seleksi CPNS tahun ini meloloskan 366 orang dari 375 yang dibutuhkan.  Ada beberapa formasi yang kosong, karena para pendaftar CPNS di formasi ini tidak mencapai passing great yang telah ditetapkan. Diantaranya, formasi pengawasan pematusan 4, pelatih olahraga 1, lingkungan hidup 1, dan pengawas transportasi darat 3.

Jumlah PNS Pemkot Surabaya masih kurang sebab setiap tahun ada 100 orang PNS yang pensiun. Saat ini ada 18 ribu PNS di Pemkot Surabaya.(red)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com