Urus Tanah Harus Pakai E-KTP PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Jumat, 28 Maret 2014 18:39

Surabayakita.com - Ini peringatan bagi warga yang belum memiliki KTP elektronik (E-KTP). Sebab untuk semua pengurusan pertanahan di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) wajib menggunakan E-KTP.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Pemkot Surabaya, Suharto Wardoyo, Jumat (28/3). Penggunaan E-KTP itu sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Kami sudah menerima surat edaran dari Mendagri sejak 19 Maret lalu. Isinya agar semua pelayanan kantor pelayanan pertanahan di BPN wajib menggunakan E-KTP," kata Suharto.

Selama ini dalam pengisurusan di BPN seperti seretifikat dan lainnya masih menggunakan KTP model lama. Namun dengan surat edaran ini maka harus menggunakan E-KTP. Tujuannya untuk tertib administrasi identitas pemohon.

Dengan menggunakan E-KTP maka bisa mencegah adanya kepemilikan KTP ganda. Hal ini juga akan mengantisipasi permohonan dengan menggunakan banyak identitas.

Meski di kantor BPN dan Pemkot Surabaya sudah menggunakan E-KTP namun KTP lama masih bisa digunakan khusunya bagi warga yang belum mengantongi E-KTP. Sebab KTP lama masih akan berlaku hingga akhir 2014.Terbitnya sertifikat lebih dari satu KTP akan bisa diantisipasi.

"Kami menyambut baik aturan baru penggunaan E-KTP ini sebab akan mendorong masyarakat untuk segera mengurusnya. Sebab sampai saat ini dari  2.150.623 orang wajib E-KTP, baru  1.674.257 orang yang telah mengurusnya.

Untuk 487. 622 orang yang belum memiliki E-KTP diminta segera mengurusnya. Sebab untuk mengurus E-KTP kata Suharto tak perlu ribet. Bahkan saat ini sudah banyak tempat pelayanan yang bisa melakukan perekaman E-KTP termasuk pada hari Sabtu dan Minggu di kelurahan kelurahan.

"Kami juga buka di Royal dan ITC Mega Grosir bagi warga sedang belanja bisa mampir untuk direkam sidik jarinya," katanya.(red)

 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com