Jadi PR Itu Menyenangkan Dan Menantang PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Selasa, 02 September 2014 15:46

Surabayakita.com - Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat (humas) adalah sebuah profesi yang berhubungan dengan manajemen informasi dan komunikasi di sebuah perusahaan serta bagaimana penyebarannya, serta menjadi mediator bagi perusahaan dengan pihak lain.

Public Relation adalah salah satu profesi yang cocok untuk perempuan, karena membutuhkan keluwesan dalam berbagai hal dan kesempatan. Perempuan lebih memiliki karakter yang luwes jika dibanding dengan lelaki. Meski tidak menutup kemungkinan profesi PR juga bisa dijalani secara profesional oleh laki-laki.

“Menjadi PR itu sangat menyenangkan dan menantang. Menyenangkan karena kita bisa bertemu banyak orang. Menantang karena kita berhadapan dengan berbagai macam karakter orang, di mana PR harus mampu secara profesional menyelami mereka dengan hati juga,” kata Dwi Krismayanti, Business Executive And Public Relation Surabaya Plaza Hotel pada Surabayakita.com.

Meskipun PR adalah profesi yang menyenangkan dan menantang, ternyata masih banyak yang ragu terhadap kemampuannya sendiri, apakah mampu menjadi PR yang baik dan profesional atau tidak. Menurut perempuan cantik yang akrab disapa Kris ini, keraguan pada kemampuan sendiri itu lebih karena adanya rasa tidak percaya diri.

“Bagaimana supaya kita bisa percaya diri ? Jawabannya, kita harus berdamai dengan diri sendiri. Manusia pasti punya kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Maka kita harus fokus pada kelebihan yang kita miliki untuk kita eksplor, bukan sebaliknya, selalu mempersoalkan kekurangan tanpa ada tindakan,” kata Kris, perempuan yang hobi menjajal berbagai kuliner ini.

Tips Menjadi Praktisi PR Profesional
# Percaya Diri #
Percaya diri adalah hal yang utama bagi seseorang yang menjalani profesi sebagai Public Relation. Karena anda harus mempercayai diri anda sendiri dan perusahaan anda, agar dapat membangun citra yang baik. Kepercayaan diri akan berdampak pada kepercayaan pihak lain pada anda dan perusahaan tempat bekerja. Kepercayaan diri  juga akan membuat Anda jadi orang yang siap menghadapi segala kemungkinan, dari yang terbaik maupun terburuk.

# Senang bergaul #
Salah satu tugas Public Relation  adalah membangun hubungan baik yang saling menguntungkan melalui komunikasi dua arah. Maka kemampuan terpenting bagi  PR adalah kemampuan bergaul dengan siapapun dan dari manapun untuk memperkuat jaringan atau networking. Bagi PR, persahabatan dan jaringan adalah modal yang kuat untuk mendukung tugas dan tanggung jawabnya. Kemampuan bergaul juga harus diperluas ke ranah jaringan sosial media. PR juga dituntut untuk tidak hanya mampu bergaul dengan person tapi juga mampu bergaul dengan teknologi yang canggih (tidak boleh gaptek).

# Berpikir positif #
PR juga memiliki tugas menyentuh, menggerakkan hati dan membangun pengaruh. Untuk dapat memiliki pengaruh positif maka PR harus memiliki pikiran yang selalu positif, dan bersikap positif terhadap berbagai perilaku baru yang harus ia pengaruhi. Bagaimana ia dapat mempengaruhi orang lain untuk dapat memiliki persepsi yang positif terhadap ide yang ditawarkannya, jika PR tak memiliki pikiran dan sikap positif. Sangat penting bagi PR untuk memiliki "can do" spirit dan menyebarkan energi positif kepada siapapun.

# Memiliki Kepribadian yang Baik #
Seorang PR harus memiliki kepribadian yang baik bukan hanya secara individu. Tapi juga dalam berprofesi dan berhubungan dengan orang lain. Jadi PR harus menjadikan pribadi kita yang menarik, bukan penampilan saja. Salah satu bentuk memiliki pribadi yang positif adalah menghormati orang lain. (Endah)


 
Copyright © 2017. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com