Mengenal Keunggulan Rose Gold untuk Perhiasan

Logam mulia seperti emas dan perak adalah bahan dasar perhiasan yang bisa dan umum digunakan. Namun ada bahan dasar yang juga sering dijadikan perhiasan, yakni rose gold. Jenis emas yang satu ini juga tidak kalah indah dari emas kuning dan emas putih. Rose gold juga kini banyak digemari sebagai perhiasan karena bisa memberikan tampilan yang feminiin dan elegan.

Rose gold bukanlah bahan dasar yang baru dalam dunia perhiasan. Rose gold sendiri adalah campuran emas dengan perunggu atau juga perak yang menggunakan rasio khusus sehingga menghasilkan warna emas namun cenderung kemerahan. Warna dari rose gold jika digunakan sebagai perhiasan akan cenderung bertahan lebih lama karena adanya campuran perunggu sehingga warnanya tidak akan berubah menjadi warna kuning.

Tidak hanya itu, rose gold juga memiliki rhodium dalam kandungan logamnya sehingga membuat warna perhiasan rose gold bisa bertahan lama. Warna rose gold juga ada tiga macam, yakni rose gold merah, rose gold murni, dan rose gold pink. Warna rose gold tersebut bisa berbeda-beda karena rasio atau persentase dari campuran dalam logamnya juga berbeda-beda sehingga menghasilkan warna yang cenderung ada yang berwarna merah, ada juga yang cenderung terlihat lebih pink.

Lalu apa perbedaan dari rose gold, emas kuning, dan emas putih? Dan apa saja keunggulannya? Berikut ini akan dijelaskan secara singkat. Yuk simak ulasannya.

1. Emas Kuning

Emas kuning memang menjadi bahan dasar perhiasan yang umum dan klasik. Perhiasan menggunakan emas kuning akan memberikan tampilan yang glamor atau juga sederhana tergantung dari model dan pemakaiannya. Namun memang benar bahwa penggunaan emas kuning sebagai perhiasan ini sangat populer.

Emas kuning memiliki nilai jual yang cukup tinggi yang tidak heran jika emas kuning sering dijadikan investasi. Emas yang mempunyai warna kuning bisa dibilang merupakan emas yang paling murni karena terbuat dari emas murni kemudian dicampur dengan perak, tembaga, dan seng. Emas kuning ini biasanya semakin terang warnanya maka tingkat kemurnian emasnya juga semakin tinggi.

2. Emas Putih

Emas putih juga adalah bahan dasar perhiasan emas yang banyak penggemarnya. Wana emas putih sebagai perhiasan kerap dijadikan opsi lain jika menganggap emas kuning terlalu mencolok. Perhiasan emas putih banyak diminati terutama dari kalangan anak muda. Emas putih sebagai perhiasan juga cocok digunakan di berbagai acara dan kesempatan, serta mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai macam outfit mulai dari kasual dan formal. Karena warnanya yang tidak terlalu mencolok, perhiasan dengan emas putih ini cocok digunakan sebagai aksesoris harian.

Untuk membuat emas putih ini campurannya hampir sama dengan pembuatan emas kuning, dimana adalah campuran dari emas, paladium, nikel atau seng.

Selain model dan warnanya yang cocok untuk penggunaan harian, harga emas putih juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan emas kuning. Emas putih juga memiliki ketahanan lebih terhadap goresan sehingga aman dijadikan aksesoris dan digunakan sehari-hari.

Adapun perhiasan dari emas putih yang banyak digemari oleh perempuan adalah cincin. Cincin yang berbahan dasar emas putih dengan hiasan permata di tengahnya tampak sederhana namun tetap chic dan elegan.

3. Rose Gold

Inilah warna yang jadi highlight bahasan kali ini. Warna rose gold sedang banyak digandrungi oleh banyak kalangan wanita. Warna rose gold atau juga pink emas ini memiliki warna yang unik. Emas rose gold terbuat dari campuran emas murni, tembaga dan perak. Adapun tembaga yang digunakan dalam pembuatan emas berwarna rose gold adalah jenis tembaga yang tidak terlalu mahal. Hal ini juga yang menyebabkan emas rose gold memiliki warna yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis emas lainnya.

Meskipun harganya tidak terlalu mahal dan tergolong murah, namun emas rose gold ini juga memiliki daya tariknya sendiri. Emas rose gold juga lebih tahan lama karena tidak memiliki campuran rhodium.

Mengenal Keunggulan Rose Gold untuk Perhiasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top