Otomotif

Selayak Apakah Suzuki Ertiga Menjadi Pilihan Mobil Keluarga Anda?

Berbicara mengenai mobil MPV atau multi-purpose vehicle, Suzuki turut meramaikan persaingan untuk mendapatkan hati konsumen di Indonesia. Produsen asal Jepang tersebut mempunyai senjata andalan, yakni Suzuki Ertiga. Mobil ini dinilai sebagai sebuah angin segar di saat para MPV hanya menyuguhkan desain yang monoton dan begitu-begitu saja. Lalu, apakah Suzuki Ertiga layak untuk Anda pertimbangkan sebagai mobil keluarga? Simak dulu penjelasan berikut ini.

Suzuki Ertiga

Interior Suzuki Ertiga

Pembahasan pertama kali ini mengenai interior dari Suzuki Ertiga yang telah dibekali ruang kabin yang menawan untuk varian terbarunya. Walaupun tidak jauh berbeda dari model sebelumnya, akan tetapi perubahan tersebut tetap berdampak. Pada varian Ertiga GX, Anda akan menemui dashboard dengan motif kayu serta Head Unit Touch Screen Audio.

Selain itu, untuk tetap menjaga kestabilan suhu ketika berkendara, Ertiga menyematkan fitur digital panel AC dengan heater. Di bagian kemudi, adanya switch audio control yang disematkan akan membuat pengemudi leluasa untuk menyetel musik, apalagi disempurnakan dengan desain ornamen kayu pada bagian setirnya.

Tidak cukup dengan fitur di atas, pada bagian tempat duduk Ertiga sudah dibuat lebih elegan dan fleksibel, yakni dengan motif berupa Two Toned Sit Color Pattern dengan pengaturan tinggi sehingga penumpang dan pengemudi bisa mendapatkan kenyamanan duduk yang maksimal. Secara umum, interior dari Ertiga cukup mumpuni dan layak diperhitungkan.

Eksterior Suzuki Ertiga

Selanjutnya beralih ke bagian eksterior Ertiga. Di bagian depan, Ertiga sudah menggunakan headlamp dengan teknologi proyektor LED dengan desain yang sporty dan lebih pipih. Untuk bagian samping, Anda akan melihat garis lurus yang tegas dari arah depan hingga bagian buritan yang memunculkan kesan dinamis.

Di bagian belakang akan terlihat lampu yang sudah berteknologi LED dan dirancang menggunakan konsep memanjang. Adanya fitur chrome back door dan sensor parkir tentu akan membuat pengemudi merasa mudah ketika harus memarkirkan mobil ini. Bisa dikatakan secara eksterior, Ertiga memang mengangkat tema sporty dan dinamis.

Fitur Suzuki Ertiga

Setelah membahas eksterior dan interior, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah fitur yang ditawarkan oleh Ertiga. Pada sektor kenyamanan dan keamanan, Ertiga sepertinya sudah memiliki fitur yang cukup fungsional seperti rem ABS plus EBD yang akan membantu pengemudi untuk mengendalikan kecepatan mobil dengan lebih baik.

Di bagian sistem audio, Ertiga telah dibekali dengan dashboard modern dengan motif kayu yang disempurnakan dengan head unit touch screen audio yang siap menawarkan berbagai fitur hiburan untuk menghibur perjalanan Anda.

Mengenai keamanan tidak perlu diragukan lagi. Adanya dual SRS airbag akan menjaga keselamatan penumpang di bagian depan. Selain itu, Ertiga juga dilengkapi fitur side impact beam untuk menjaga keselamatan penumpang saat terjadi kecelakaan. Fitur ini secara otomatis akan membuat pintu tidak terkunci dan penumpang bisa segera keluar di saat keadaan darurat.

Mesin Suzuki Ertiga

Membahas sebuah mobil tanpa topik dapur pacu memang kurang lengkap. Ertiga sudah mengusung tipe mesin K15B dengan teknologi DOHC VVT dengan kapasitas 1.462 cc 4 silinder. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Kombinasi mesin tersebut bahkan mampu untuk menghasilkan hingga 104 PS di putaran 6.000 rpn dan dapat mencapai puncak titik torsi hingga 138 Nm setiap 4.400 rpm.

Dari pembahasan di atas, tak heran jika Suzuki Ertiga akan dengan mudah memikat hati para konsumen di Indonesia. Di samping harganya yang lumayan terjangkau, rupanya fitur dan fasilitas yang diberikan tetap mampu membuat siapa saja mengaguminya.

Leave a Comment