5 Tips Melamar Pekerjaan Secara Online!

Sebagai job seeker, terkadang melamar pekerjaan itu bukanlah suatu hal yang mudah. Seringkali, lamaran kita diabaikan begitu saja oleh recruiter dan tidak ada panggilan interview dalam jangka waktu yang panjang. Alhasil, hal ini membuat para pencari kerja cenderung merasa putus asa.

Kendati demikian, dalam mengejar karir impian itu butuh perjuangan yang besar. Kamu harus senantiasa melamar perusahaan-perusahaan dengan tekun setiap harinya. Beruntungnya, saat iniĀ  kamu tidak perlu memberikan amplop coklat dan mendatangi satu demi satu perusahaan yang akan dilamar. Kini, kamu bisa melamar pekerjaan lewat online, lho!

Supaya dipanggil oleh HR mengenai lamaran kerja online-mu, kamu harus mengetahui beberapa tips di bawah ini!

Riset perusahaan satu per satu

Saat melamar pekerjaan online, jangan asal apply ke suatu perusahaan begitu, ya! Sebaiknya lakukan riset perusahaan satu per satu. Cari tahu mana yang cocok dengan visi serta keahlianmu.

Hal tersebut akan memudahkanmu untuk menyaring mana perusahaan yang tepat untuk dilamar. Untuk melakukan riset, kamu bisa mencari website atau media sosial resmi perusahaan-perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui perusahaan tersebut bergerak di bidang apa.

Buat CV yang Simpel dan Padat

Supaya memudahkan recruiter dalam menyaring calon karyawan, sebaiknya kamu membuat CV dengan desain yang sederhana, tetapi isinya padat. Artinya, masukkan keahlian-keahlian yang cocok dengan posisi yang sedang kamu lamar.

Dengan demikian, recruiter akan langsung mengetahui skill kamu seperti apa dan seberapa besar kapabilitasnya.

Baca dengan teliti persyaratan dan petunjuk lamaran

Setiap lowongan pekerjaan pasti ada petunjuk dan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan. Baca hal tersebut dengan teliti dan baik-baik. Usahakan, semua dokumen yang dibutuhkan sudah kamu persiapkan dengan matang. Jangan sampai ada yang kurang, ya!

Cari teman sebagai support system

Seperti yang kita ketahui, ada kalanya lamaran-lamaran yang kita kirimkan belum tentu dipanggi oleh recruiter. Hal ini tentu akan membuat mental kita down. Oleh karena itu, penting untuk mencari teman sebagai support system. Kalau belum dipanggil-panggil, setidaknya ada yang bersedia menyemangatimu.

Itu dia empat tips dalam melamar pekerjaan secara online. Menggapai karir impian perlu perjuangan ekstra. Jadi, persiapkan dari sekarang, ya!

5 Tips Melamar Pekerjaan Secara Online!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top