Kesehatan

Beragam Bahan Herbal yang Efektif untuk Mengatasi Masalah Lambung

Lambung merupakan salah satu organ sistem pencernaan manusia. Ketika organ ini mengalami gangguan, biasanya seseorang akan mengalami gejala tertentu tergantung jenis penyakitnya. Maag termasuk contoh gangguan lambung yang umum terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh konsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak secara berlebihan disertai stress.

Akibatnya, timbul gejala maag seperti perut kembung, nyeri ulu hati, mual, dan muntah. Apabila sudah mengalami gejala ini, dipastikan seseorang tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Oleh karena itu, manfaatkan obat herbal berikut ini untuk mengatasi gangguan lambung, seperti maag.

Bahan Herbal yang Efektif untuk Mengatasi Masalah Lambung

2. Kunyit, Obat Herbal Untuk Mengatasi Gangguan Lambung

Kunyit

Bumbu rempah satu ini dapat membantu meredakan gangguan lambung karena adanya kandungan polifenol didalamnya. Senyawa tersebut berkhasiat membantu meredakan asam lambung penyebab heartburn pada penyakit maag.

Berdasarkan penelitian, rempah kunyit memang mampu membantu mencegah peradangan gangguan lambung, seperti GERD. Sebenarnya, GERD dapat diatasi dengan obat dengan kandungan adanya antioksidan dan antiperadangan. Nah, kedua zat potensial tersebut ada dalam kunyit.

Jahe merah

Selain kunyit, jahe merah juga menjadi alternatif obat maag. Alasannya, karena jahe merah memiliki sifat antiperadangan yang efektif untuk mengatasi gangguan lambung, seperti meredakan gejala mual dan muntah.

Jahe juga menjadi bahan alami yang bersifat gastroprotektif untuk menekan bakteri Helicobacter pylori. Bakteri tersebut merupakan penyebab naiknya asam lambung dan memicu infeksi lapisan dinding lambung. Dengan mengonsumsi jahe merah, akan membantu mengurangi gejala gangguan lambung maupun maag.

Nanas

Buah tropikal satu ini ternyata juga efektif untuk meredakan gejala gangguan lambung, termasuk maag. Hal ini karena nanas mengandung bromelain dan serat yang memberikan efek menenangkan pada perut. Selain itu, nanas juga memiliki zat antiperadangan untuk memulihkan kondisi lambung Anda. Minumlah jus nanas secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Madu dan Royal Jelly

Khasiat madu memang sudah tidak diragukan lagi. Dikombinasi dengan royal jelly, kedua zat ini dapat membantu mengatasi gangguan lambung seperti GERD dengan cara mencegah kenaikan asam lambung, meredakan sensasi heartburn, serta memulihkan peradangan.

Masih ada lagi bahan herbal lain untuk mengatasi gangguan lambung seperti akar manis, adas, hingga daun mint. Jangan lupa, konsumsi obat alami secara rutin untuk mendapatkan manfaat optimal.

Leave a Comment