Kesehatan

Cara Membuat DIY Masker Penutup Wajah

Sedangkan cara membuat DIY masker penutup wajah seperti berikut ini:

Masker Penutup Wajah

1. Gambar pola masker penutup wajah pada kain yang sudah kamu siapkan. Polanya berbentuk persegi panjang berukuran panjang 20 cm dan lebar 21,5 cm. Untuk kainnya, kamu bisa menggunakan jenis kain katun, kain hijab atau jenis kain yang lain. Yang penting jangan kain yang terlalu tipis (karena polutan dan kuman masih bisa masuk dengan mudah) ataupun kain yang terlalu tebal (tentu saja ini akan membuat kamu sulit bernafas :v)

2. Potong kain sesuai pola. Kamu bisa melebihkan sedikit di sisi atas dan bawah.

3. Lipat kain menjadi pola plisket (disebut juga lipit-lipit/ plisir) di bagian tengah. Cukup 3 atau 4 lipatan saja. Jangan lupa untuk menyetrika setiap lipatan agar lipatan lebih terlihat dan mudah saat dijahit.

4. Siapkan elastis yang akan digunakan untuk tali masker penutup wajah. Kamu bisa menggunakan elastis berupa karet earloop (cantol telinga) maupun tali (biasa digunakan di sarung guling). Atau bisa juga dari kain yang sama dengan pola utama. Polanya adalah persegi panjang ukuran panjang 37cm x 12 cm.

5. Untuk membuat tali masker dari kain, potong pola tali menjadi 4 bagian. Kemudian, lipat-lipat kain hingga menjadi kecil memanjang. Setelah itu jahit satu persatu menggunakan mesin jahit. Atau jika tidak ada mesin jahit, kamu bisa menjahit manual menggunakan jarum jahit. Tentunya ini akan memakan waktu sedikit lebih lama.

6. Lipat bagian atas dan bawah pola utama masker penutup wajah, kira-kira 2 cm. Jangan lupa pasang tali masker/ elastis di 4 sisi (pojok kanan atas dan bawah, pojok kiri atas dan bawah). Atau, kamu bisa menjahit bagian tengah terlebih dahulu, lalu sisakan beberapa cm di tepi untuk memasang tali, kemudian jahit agar tali dan pola utama masker penutup wajah menyatu dengan sempurna.

7. Masker siap untuk digunakan. Jangan lupa cuci dulu sebelum dipakai agar tidak ada debu dan kotoran yang menempel di kain masker.

Nah, itulah cara membuat masker penutup wajah yang mudah, murah, dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Meskipun dalam hal menyaring udara dan mencegah virus, maupun bakteri masker kain tidak seefektif masker bedah ataupun masker R95, masker ini cukup efektif melindungi kamu dari polutan serta virus dan kuman yang bertebaran.

Leave a Comment