Bisnis

Enak dan Tidak Enaknya Kerja Kontraktor yang Harus Kamu Tahu Sebelum Terjun ke Bidangnya

Kontraktor merupakan pihak yang merealisasikan suatu proyek menjadi suatu bangunan yang diinginkan pemilik proyeknya. Banyak yang bertanya-tanya apakah kerja kontraktor itu enak? Sebenarnya ada banyak macam variasi jawabannya. Itu pun juga tergantung dari situasi dan kondisi jenis kontraktor yang dipilih.

Ada yang mengatakan enak, ada pula yang mengatakan tidak enak. Banyak yang melihat kalau pekerjaan kontraktor itu gampang mendapatkan gaji besar. Tapi belum tentu juga. Kalau memang mendapatkan pemilik proyek yang baik, gaji yang didapat bisa besar, tapi kalau mendapatkan yang pelit, gajinya bisa saja kecil.

Sebelum kamu terjun ke bidang kontraktor, saatnya kamu tahu dulu enak dan tidak enaknya kerja sebagai kontraktor.

Alasan Enak Kerja sebagai Kontraktor

Ada Enak Dan Tidaknya Kerja Sebagai Kontraktor

1. Gaji besar

Seperti yang sudah sempat di bahas di atas, gaji kontraktor bisa didapat sangat besar, bahkan melebihi UMR. Tidak jarang proyek yang didapat akan memberikan gaji yang besar hingga puluhan sampai ratusan juta.

2. Suasana kerja berubah-ubah

Kalau kamu suka pekerjaan dengan suasana yang berbeda-beda, menjadi kontraktor sangat tepat banget. Kerja kontraktor tidak hanya di 1 tempat saja, pastinya ada konsumen lainnya yang berada di daerah lainnya sehingga tempat kerjanya juga berpindah. Jadinya, suasana kerja pun berubah-ubah dan tidak membosankan.

3. Mendapatkan teman baru

Setiap proyek pasti akan dipasangkan dengan teman proyek lainnya. Tidak jarang pemilik proyek punya subkontraktor sehingga kamu bisa mendapatkan kenalan lebih banyak. Tentu peluang itu membuat kamu bertambah teman baru lagi.

Alasan Tidak Enak Kerja sebagai Kontraktor

1. Tidak kenal waktu

Kerja sebagai kontraktor susah mengenal waktu. Pemilik proyek yang memberikan deadline tentu membuat kerja kontraktor harus sampai siang malam, bahkan ada yang dari pagi hingga malam lagi. Kondisi itu membuat kamu jadi semakin susah berkumpul dengan keluarga dan teman-temanmu yang lain.

2. Gaji sedikit

Selain enaknya mendapatkan gaji yang banyak, ada juga kontraktor yang mendapatkan gaji sedikit. Gaji yang tidak sesuai dengan harapan biasanya karena kurangnya proyek yang didapat atau memang dari pemilik proyek yang memberikan anggaran yang terlalu mepet sehingga mempengaruhi gaji yang kamu dapatkan.

Enak atau tidak enaknya kerja kontraktor sebenarnya tergantung dari diri kita sendiri yang memposisikannya dari mana. Kalau kamu sudah bekerja sebagai kontraktor, sebaiknya lakukan dengan baik dan giat mencari proyek agar gaji pun sesuai dengan harapan. Tapi kalau kamu mau terjun ke bidang ini, sebaiknya cari tahu lebih dalam agar kamu juga semakin kenal kurang lebihnya dan resiko yang bisa didapat.

Leave a Comment