Kesehatan

Obat untuk Mengindari Masuk Angin yang Kadang Datang Tak di Undang

Masuk angin disebabkan karena udara dingin yang harus diterima tubuh secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Kebanyakan karena tubuh terpapar udara dingin malam hari. Kehujanan juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan masuk angin. Ketika kehujanan, suhu yang di luar tubuh berbeda dengan suhu yang ada dalam tubuh. Karena perbedaan itulah masuk angin bisa terjadi.

Selain itu, istirahat yang kurang dan tidur yang tidak berkualitas juga bisa menyebabkan masuk angin. Ditambah lagi jika asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh tidak diperhatikan. Tingkat kesehatan tubuh akan menurun dan menyebabkan tubuh mengalami masuk angin.

3. Jahe

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah tubuh terkena masuk angin tentu saja dengan menghindari udara dingin. Usahakan sekali untuk tidak terkena udara malam. Pun ketika terpaksa pulang dari kantor karena malam hari karena harus bekerja lembur, gunakan jaket tebal untuk melindungi tubuh agar tidak terlalu terkena angin malam.

1. Jahe

Siapa yang tidak mengenal jahe? Rempah tradisional ini memiliki sangat banyak khasiat. Tentu saja karena kandungan yang ada pada jahe sangat bermanfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat yang ada pada jahe untuk menghilangkan masuk angin yang sedang diderita adalah jahe dapat membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga bisa memperlancar peredaran darah dan mengatasi kembung.

Cara membuat wedang jahe untuk mengatasi masuk angin pun tidak terlalu sulit. Terlebih dahulu parut jahe dalam porsi secukupnya. Setelah itu rebus dan saring hasil rebusan tersebut. Agar rasa wedang jahe tidak terlalu pedas ketika dikonsumsi, bisa juga ditambah dengan perasan jeruk lemon atau menggunakan gula batu.

2. Teh lemon dengan madu

Kombinasi kedua bahan alami ini pastilah menjadi favorit bagi orang yang tidak suka mengonsumsi makanan atau minuman pahit. Dengan khasiat yang hampir sama dengan bahan lain untuk mengatasi masuk angin, padu padan teh lemon dengan madu juga bisa digunakan sebagai obat. Dengan rasanya yang nikmat, tak terasa bahan-bahan alami ini bisa disebut obat.

Cara membuat ramuan lezat ini mudah. Cukup campurkan air perasan lemon dan madu pada teh hangat yang dibuat. Tidak ada aturan baku mengenai berapa takaran air perasan lemon dan madu yang harus digabungkan. Bagi yang ingin membuat obat ini bisa mengira-ngira sendiri sesuai dengan selera.

Leave a Comment