Kesehatan

Obat Masuk Angin Alami paling Gampang

Perbaiki pula jam tidur yang selama ini diberlakukan. Usahakan untuk selalu mendapat jam tidur yang cukup sehingga kemungkinan mendapat istirahat yang berkualitas bisa didapat. Jangan gunakan begadang sebagai hobi. Jika sudah memasuki waktu istirahat, letakkan semua pekerjaan untuk kembali dilanjutkan keesokan harinya.

Gejala awal yang akan dirasakan ketika terkena masuk angin adalah badan yang terasa sedikit pegal di beberapa bagian . otot akan terasa nyeri sehingga menghambat aktivitas yang ingin dilakukan. Selain itu, badan juga akan meriang. Sakit kepala dan mudah merasa lelah adalah hal yang mengikuti ketika terserang masuk angin. Demam dan sakit perut berupa diare juga ambil bagian ketika terkena penyakit ini.

1. Minyak Kayu Putih

Kebanyakan orang Indonesia akan melakukan kerokan ketika mengira terkena masuk angin. Semakin merah hasil kerokan yang terlihat, maka semakin manjur khasiat kerokan yang akan dirasakan.

Biasanya kerokan dilakukan oleh orang dewasa, tapi tidak sedikit juga anak kecil yang terima saja ketika diobati dengan cara seperti itu. Padahal sebenarnya banyak sekali obat dari bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan masuk angin. Berikut beberapa diantaranya.

1. Minyak kayu putih

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui minyak kayu putih yang telah lama beredar di pasaran. Minyak ini sangat membantu mengobati berbagai macam gejala yang dirasakan tubuh sebagai hasil dari indikasi adanya masuk angin. Ketika terasa pusing atau sakit kepala, minyak kayu putih bisa dioleskan pada kedua pelipis dengan cara mengurutnya secara memutar dengan perlahan.

Selain itu, minyak kayu putih juga bisa dioleskan pada perut untuk menghilangkan efek kembung yang mungkin dirasakan. Minyak kayu putih juga bisa dioleskan pada punggung untuk menghangatkan tubuh. Jangan lupa untuk mengoleskan juga kayu putih pada leher agar kehangatan semakin terasa.

Minyak kayu putih selalu mendapat tempat bagi para pengguna. Hal tersebut dikarenakan mudahnya penggunaan yang ditawarkan minyak kayu putih. Selain itu, wangi yang dihasilkan pun dapat membuat rileks bagi yang menghirupnya. Dengan begitu, masuk angin bisa hilang secara perlahan.

2. Bawang merah dan bawang putih

Bagi anak-anak, bahan alami ini bisa digunakan untuk menghilangkan masuk angin yang sedang diderita. Caranya pun mudah. Kupas bawang merah hingga bersih, kemudian haluskan bawang merah tersebut. Setelah halus, oleskan pada perut, leher dan dada anak-anak.

Bawang merah berfungsi untuk mengeluarkan angin berlebih pada tubuh. Khasiat lain yang bisa ada pada bawang merah adalah bahan ini bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah serta juga bisa digunakan untuk menghangatkan badan.

Bagi orang dewasa, bisa menggunakan bawang putih. Tidak harus dihaluskan, bawang putih bisa langsung dimakan atau dicampur dengan bahan masakan lain. Bawang putih memiliki alicin yang lebih tinggi sehingga baik bagi tubuh yang sedang terkena masuk angin.

Leave a Comment