Penyebab & Cara Mengatasi Aplikasi WA Hilang Dari Layar Android

Jika kamu merupakan pengguna Android pastinya paham, ketika kamu selesai mendownload atau menginstall suatu aplikasi, pastinya akan muncul icon aplikasi tersebut di layar atau homescreen Android kamu.

Dengan munculnya icon aplikasi di homescreen, itu akan memudahkan kamu jika ingin mengakses sebuah aplikasi, sama seperti aplikasi di computer atau laptop pastinya akan muncul shortcut atau icon aplikasi yang berhasil di install atau di download.

Namun, apakah kamu pernah mengalami icon tersebut hilang dari layar atau homescreen Android? Jika itu terjadi, biasanya orang akan berpikir kalau aplikasi yang hilang tesebut tidak sengaja dihapus, namun ketika kamu ingin menginstall atau mendownloadnya kembali melalui Google Play Store masih muncul pilihan buka atau update.

Nah, jika itu terjadi berarti aplikasi yang hilang tersebut bukan tidak sengaja dihapus, namun error. Ada beberapa penyebab yang harus kamu ketahui mengapa terjadi seperti itu.

Penyebab Aplikasi Hilang Dari Layar atau Homescreen Android

Berikut beberapa factor penyebab hilangnya icon aplikasi dari layer homescreen Android kamu.

  • Terjadinya error atau bug dalam system
  • Aplikasi sudah kamu kelompokkan ke dalam folder
  • Mengganti tema dari yang sebelumnya
  • Masalah memory card
  • Dll

Bahkan juga hal ini bisa dialami karena Anda tidak menggunakan aplikasi WhatsApp yang resmi atau pihak ketiga yang kurang resmi. Misalnya saja Foud WhatsApp, GB WhatsApp dan aplikasi modif semacamnya yang fiturnya lebih lengkap.

Cara Mengatasi Aplikasi WA Hilang Dari Layar

Kamu tidak perlu risau jika ada icon aplikasi yang hilang dari layer, apalagi jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang penting dan sering kamu buka seperti WA. Berikut cara mengatasi aplikasi WA yang hilang dari layar homescreen.

Cek Aplikasi Tersembunyi

Cara pertama untuk mengatasi aplikasi wa yang hilang dari layar Android adalah dengan melakukan cek di menu aplikasi tersembunyi. Sebelum mengeceknya melalui aplikasi tersembunyi, kamu juga bisa mencari terlebih dahulu melalui menu pencarian yang ada di homescreen. Tinggal kamu ketik saja nama aplikasi tersebut, misalnya WA. Jika muncul berarti bisa jadi aplikasi tersebut tidak sengaja kamu sembunyikan. Berikut cara mengecek aplikasi tersembunyi.

  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Kamu bisa melihat semua aplikasi yang ada, termasuk yang disembunyikan
  4. Pilih aplikasi, lalu pilih kembalikan aplikasi

Jika aplikasi WA tidak muncul berarti aplikasi tersebut sudah kamu hapus. Kamu tinggal download kembali melalui Google Play Store.

Restart HP

Biasanya jika terjadi sebuah bug atau error pada sistem hp Android, kamu bisa melakukan restart terlebih dahulu, jika setelah restart icon aplikasi wa sudah muncul kembali, berarti selesai.

Cek Folder Di Homescreen

Android mempunyai fitur untuk mengelompokkan aplikasi sejenis pada satu folder yang sama di hoomescreen, agar homescreen lebih rapih dan memudahkan ketika mencari suatu aplikasi. Misal kamu menggunakan media sosial WhatsApp, Facebook, dan Twitter maka kamu bisa mengelompokkannya di dalam satu folder.

Clear Cache WhatsApp

Cara mengatasi aplikasi wa hilang dari layar hp yang terakhir adalah dengan menghapus cachenya. Berikut caranya.

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Cari aplikasi WA atau aplikasi lain yang hilang dari layer
  4. Pilih Clear Cache

Itulah 4 cara mengatasi aplikasi wa hilang dari layar hp, jika cara diatas tersebut kamu bisa bertanya kepada tukang servis hp, namun sebelumnya kamu harus mencoba untuk melakukan install ulang dari aplikasi yang hilang, sekian pemabahasan hari ini semoga dapat bermanfaat.

Penyebab & Cara Mengatasi Aplikasi WA Hilang Dari Layar Android

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top