Otomotif

Sayang Kalau Beli Mobil Baru? Ketahui Rahasia Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Semakin pesatnya dunia teknologi membuat tiap orang tak lagi merasa susah untuk mencari apapun yang mereka inginkan. Termasuk dunia otomotif mobil, baik yang baru ataupun bekas. Bahkan, ada pula yang menyediakan aplikasi penjualan mobil bekas. Tentu ini akan memudahkan Anda untuk membeli mobil bekas yang berkualitas.

Padahal jaman dulu, kita harus benar-benar berkeliling dahulu untuk menemukan penjual mobil bekas. Bahkan sampai keluar kota hanya untuk menemukan variasi yang kita cari. Kini, hanya dengan sekali klik, kita dapat menemukan mobil bekas sesuai varian yang kita inginkan. Namun, tetap saja Anda harus menjadi smart buyer, karena tentu banyak juga penjual yang hanya melebih-lebihnya produk mereka.

Mobil Bekas Juga Bisa Berkualitas, .buyrealestateadvisors.com

Rahasia Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Itu semua dapat diatasi jika kita memahami pedoman membeli mobil bekas yang akan diulas berikut ini.

1. Rinci Anggaran yang Anda miliki

Pertimbangan pertama tentu saja budget. Anda harus memutuskan berapa budget yang ingin Anda keluarkan untuk membeli mobil bekas. Kurangi anggaran yang Anda punya untuk biaya maintenance awal mobil.

Ambil kira-kira 10 persen untuk biaya ekstra jika mobil bekas memerlukan ganti sparepart, perawatan tambahan ekstra, membeli bahan bakar dan lain sebagainya.

2. Buat Daftar Mobil Bekas

Anda harus memiliki gambaran tipe mobil bekas apa yang ingin dibeli. Pilih varian mobil yang memang kondisi second fisiknya berkualitas dan masih nyaman digunakan. Misalkan saja Toyota Yaris, Honda Civic,dan lain sebagainya. Jangan lupa pertimbangkan juga jumlah dan kondisi keluarga Anda.

3. Memilih situs jual beli mobil bekas berkualitas

Ada banyak sekali pilihan situs jika Anda memutuskan untuk membeli secara online. Tentu tak semua bisa dipercaya. Langkah awal yang dapat Anda gunakan untuk menyortir adalah dengan melihat tampilannya.

Jika tampilan situsnya terlalu sederhana dan informasi yang disajikan tidak detail atau kurang lengkap, Anda perlu berhati-hati. Kemungkinan situs tersebut baru atau bahkan abal-abal.

4. Pastikan identitas penjual lengkap

Yang akan Anda pertimbangkan selanjutnya setelah memilih dan menggunakan situs yang Anda percaya adalah menentukan penjual. Pastika penjual mobil bekas yang Anda pilih memiliki identitas yang lengkap. Pilih juga yang sekiranya memudahkan transaksi. Termasuk pertimbangkan tempat tinggalnya dan kontak yang bisa dihubungi.

Jika sudah klik dengan penjualnya, jangan lupa tanyakan mengenai kondisi mobil. Tanyakan kelengkapan surat-suratnya serta pajak sebelum deal.

5. Mengecek Kondisinya secara langsung

Gambar pastinya bisa menipu untuk keperluan pemasaran yang bagus. Jadi, sangan dianjurkan untuk meninjau langsung jika sudah benar-benar berminat kepada mobil bekas tersebut. Lebih baik lagi jika Anda juga membawa serta teman atau orang yang paham mengenai seluk beluk kondisi mobil.

6. Melakukan Tes Drive

Lakukan tes drive saat mengunjungi dealer atau tempat menjual mobil bekas. Fungsinya adalah untuk mengetahui performa. Jika performa sesuai, Anda tentu akan mantap untuk lanjut ke tahap negosiasi dan deal.

7. Negosiasi

Berbeda dengan produk-produk kecil, untuk mobil bekas biasanya harga yang ditampilkan belum jadi harga nett. Jadi, Anda dapat bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang paling ideal.

Sekian tips yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda menemukan jenis mobil bekas yang diimpikan. Jangan lupa pertimbangkan juga kebutuhan keluarga Anda ya.

Leave a Comment