Tekno

Tips Perawatan Laptop dan Penggunaannya Agar Awet

Tidak hanya ponsel pintar yang sekarang tidak lagi menjadi sekedar lifestyle atau gaya hidup, melainkan sebuah kebutuhan. Begitu pula dengan laptop, terutama mereka yang dalam aktivitas keseharian bergantung pada keberadaan laptop. Sebab itu, perawatan laptop memerlukan perhatian khusus supaya komputer jinjing tersebut tetap awet sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.

Laptop Build Quality Bagus

Alasan Laptop Perlu Dirawat Sebaik Mungkin

Berbeda dengan tren ponsel pintar yang bergulir cepat, di mana teknologi canggih terbaru hampir tiap bulan dirilis, tidak demikian dengan laptop. Teknologi yang disematkan dalam laptop dapat bertahan hingga 3-4 tahun ke depan sebelum kemudian dikeluarkan versi terbaru. Namun jika memutuskan tetap menggunakan laptop lama pun tidak terasa tertinggal tren.

Sebab itulah, pengguna laptop mayoritas membeli perangkat pintar tersebut untuk penggunaan dalam jangka waktu lama, di mana tentu keawetannya sendiri ditentukan dari tindak perawatan serta pola penggunaannya. Meski demikian, perlu dipahami pula bahwa beberapa merek memang diproduksi dengan build quality yang kurang baik sehingga harus pintar dulu memilih produk berkualitas.

Alat Tambahan Untuk Merawat Laptop

Tidak ada perawatan laptop yang lebih baik dibandingkan tindak pencegahan. Ada beberapa alat pelengkap yang wajib dipasang pada laptop sebagai upaya preventif menghindari kerusakan, yakni :

– Screen protector atau pelindung layar. Supaya layar tidak mudah tergores apalagi pecah, terlebih jika jenis laptop yang dimiliki menggunakan teknologi layar sentuh, maka wajib dipasang pelindung layar untuk menghindari kerusakan.

– Keyboard protector atau pelindung keyboard. Celah-celah kecil pada keyboard laptop biasanya dijadikan sebagai sarang penumpukan debu yang dapat merusak hardware laptop, sehingga sebaiknya bagian papan ketik tersebut dilindungi.

Sementara itu, alat tambahan untuk tindakan lanjutan dalam perawatan untuk laptop adalah :

– Mini Vacuum USB yaitu alat penyedot debu berukuran mini yang dapat menyedot debu di celah-celah sudut laptop sehingga tidak sampai terjadi penumpukan debu.

– Fan eksternal laptop atau kipas pendingin eksternal merupakan alas saat laptop digunakan. Dengan begitu, laptop akan bertahan dalam kondisi dingin yang dapat meminimalisir kemungkinan kerusakan.

Penggunaan Laptop yang Baik dan Benar

Pola penggunaan laptop sejatinya juga mempengaruhi keawetan dari perangkat pintar tersebut. Hal pertama yang tidak boleh dilakukan adalah mematikan laptop secara paksa tanpa melalui menu shutdown karena dapat merusak laptop. Kedua, langsung matikan laptop jika tidak digunakan. Dan terakhir, jangan terlalu lama membiarkan laptop dalam kondisi tidak menyala.

Perawatan dan Penggunaan Laptop yang Tepat Membuatnya Tahan Lama

Setelah membeli laptop dengan build quality yang bagus, lalu melakukan perawatan laptop serta penggunaan yang baik, niscaya laptop pun akan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Hal tersebut tentu akan cukup membantu dari segi finansial pengguna karena tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan atau membeli laptop baru.

Leave a Comment