Simpel dan Mudah, Inilah Cara Mengembalikan File Terhapus di HP Android

Di samping pesatnya perkembangan teknologi saat ini, bukan berarti semua data akan aman. Bahkan, masih kerap terjadi kasus di mana pengguna smartphone kehilangan file karena terhapus baik sengaja maupun tidak.

Oleh karena itu, mungkin pembahasan mengenai cara mengembalikan file terhapus di HP Android berikut ini rekomendasi therantnation.com yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Cara untuk Mengembalikan Berkas yang Terhapus

1. Menggunakan aplikasi di PC

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan salah satu software di PC, yakni Recuva. Prinsipnya, ponsel harus disambungkan terlebih dahulu ke PC. Selanjutnya, jalankan Recuva guna melakukan recovery data. Untuk menggunakannya cukup mudah, yakni tinggal memilih format file kemudian pilih Recovery. Sebagai catatan, apabila berkas tersimpan di memori eksternal biasanya lebih mudah dikembalikan.

2. Menggunakan aplikasi di smartphone

Saat ini sudah cukup banyak aplikasi guna mengembalikan berkas terhapus yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Beberapa rekomendasi aplikasinya antara lain Disk Digger, Dig Deep, Dumpster, 4EXT Recovery, Undeleter, dan lain-lain. Silakan pilih mana sesuai kebutuhan. Pastinya, semuanya telah mendapatkan feedback cukup positif dari banyak pengguna.

3. Mengembalikan berkas terhapus pada Google Drive

Apabila berkas yang terhapus berada di Google Drive, sebenarnya untuk mengembalikannya cukup mudah. Pertama, silakan buka Google Drive melalui ponsel atau browser PC. Selanjutnya, pilih menu Bin. Cari file tersebut. Klik Restore guna mengembalikan file tersebut. Pada dasarnya Google Drive akan menampung berkas terlebih dahulu sebelum benar-benar dihapus. Jadi, sebaiknya lakukan pengembalian sesegera mungkin.

4. Mengembalikan file dari Google Photos

Hampir mirip seperti poin sebelumnya, hanya saja pada kali ini hanya khusus berformat foto atau gambar saja. Aktifkan mode pencadangan rutin agar setiap foto bisa disimpan ke cloud. Dengan begitu, ketika suatu saat foto tidak sengaja terhapus karena suatu alasan, berkas tersebut bisa segera dikembalikan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai cara mengembalikan file terhapus di HP Android. Setiap orang pasti memiliki kecocokan cara masing-masing. Oleh karena itu, silakan Anda mencobanya terlebih dahulu kemudian menentukan mana cara paling cocok. Sebagai informasi tambahan, ada kasus khusus di mana berkas tidak akan pernah bisa dikembalikan. Jadi, selalu teliti dalam menggunakan smartphone.

Simpel dan Mudah, Inilah Cara Mengembalikan File Terhapus di HP Android

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top